Sabtu, 10 April 2010

RAMUAN TRADISIONAL

ASAM JAWA
Pembasmi Jerawat dan Sariawan


Asam jawa (Tamarindus Indica L), sebagian masyarakat sudah mengetahui ada khasiat obat yang terkandung di dalamnya. Juga sudah banyak masyarakat yang menggunakannya untuk mengobati penyakit. Para ahli di Lembaga Penelitian Herbal Universitas Hawai menemukan berbagai zat kimia berkhasiat di tumbuhan ini. Diantara penyakit yang dapat diobati dengan asam jawa adalah jerawat, sariawan, dsb.

Ramuan untuk Jerawat
Ambil asam jawa hitam sebesar telur ayam kampung. Tambahkan 15 helai sambiloto, temulawak, dan kencur. Temu lawak dan kemcur diiris-iris, kemudian dilumat dengan asam kawak sembari ditambah 2 gelas air. Setelah itu diperas, ambil airnya lalu diminum 3 kali sehari.

Ramuan untuk Sariawan
Ambil segenggam daun asam jawa yang masih muda. Tambahkan sepotong kunyit. Daun asam dicuci, kunyit diiris-iris seperlunya. Rebus kedua bahan dengan 3 gelas air. Saring tambahkan gula aren seperlunya. Minum ramuan ini pagi dan sore.










SUKET GAJAHAN
Peredam Radang Tenggorokan


Suket gajah ( Artemisia Vulgaris ) berasal dari daratan Cin. Secara garis besar suket gajahan tumbuh di tanah lembab berhumus yang berketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Bila dicicip, daunnya terasa pahit, pedas dan hangat. Secara umum tumbuhan ini berkhasiat menghilangkan rasa dingin, nyeri, menghentikan pendarahan, dsb.
Di dalam tumbuhan ini antara lain mengandung beragam jenis minyak asiri.
Ramuan peredam batuk berdahak dan radang tenggorokan. Ambil satu batang suket gajahan. Buang akarnya, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu peras dan saring, hingga mendapatkan airnya sebanyak 0,5 cangkir teh. Minum ramuan ini sekaligus.


















KEDELAI
Peredam Rematik, Ginjal


Kedelai ( Glycine Max ). Kedelai masuk Indonesia tahun 1750. Kedelai mempunyai perawakan kecil dan tinggi batangnya dapat mencapai 75 cm. Menurut para ahli, didalam 100 gram antara lain terdapat beragam zat kimia. Bila diramu kedelai dapat digunakan untuk mengobati reumatik dan ginjal.

Ramuan untuk Reumatik
Ambil 1,5 sendok makan biji kedelai hitam. Tambahkan 1,5 sendok makan kacang hijau dan 2,5 sendok makan kacang tanah. Gengso semua bahan secara bersama-sama sampai kuning. Kemudian tumbuk bahan sampai halus. Makanlah ramuan ini 3 kali sehari.


















TEBU
Penghilang Batuk


Tebu ( Sacharum Officinarum ). Di Indonesia kita mengenal beberapa jenis tebu. Diantaranya, tebu hitam, tebu kuning, tebu rotan, dan beberapa jenis lainnya. Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan sejumlah zat didalamnya. Seperti air gula yang berkadar sampai 20 %, vitamin C, mineral, dan lemak serta zat lainnya.

Ramuan Pereda Batuk :
Gunakan sebanyak 5 ruas tebu hitam yang sudah tua. Bakar tebu sekitar 10 – 15 menit. Setelah itu dikupas, lalu diperas untuk diambil airnya. Minumlah air perasan tebu tadi sekaligus.



















KELENGKENG
Memulihkan Tenaga setelah Sakit


Kelengkeng ( Euphoria Longana ). Jawa Tengah merupakan penghasil kelengkeng terbesar. Seperti diketahui rasanya manis bersifat hangat. Beberapa penelitian yang dilakukan para ahli menyimpulkan kelengkeng dapat meningkatkan kekuatas fisik dan mengendurkan saraf. Biji kelengkeng berkhasiat membantu mengatur arus energi yang keluae dan masuk pada organ vital manusia. Bijinya mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino. Buah kelengkeng mengandung kadar alkohol cukup tinggi.

Ramuan untuk memulihkan tenaga setelah sakit
Ambil kelengkeng sebanyak 2 genggam. Kupas kulitnya buang bijinya, dijus lalu dimakan.

















JINTEN PUTIH
Memperlancar Haid


Jinten putih banyak digunakan untuk bumbu masak. Jinten berasal dari India, tumbuh di dekat pegunungan Himalaya. Di Indonesia meskipun dapat tumbuh, tetapi pada umumnya kurang baik. Penelitiabn yang dilakukan para ahli menemukan sejumlah zat kima di dalam jinten putih. Diantaranya minyak astiri, protein, mineral, vitamin, dsb.

Ramuan untuk Haid
Gunakan 1,5 sendok teh biji jinten putih. Tambahkan 2,5 biji cengkeh kering, 1 potong biji pala, 1 jari kunyit, 1 butir kapulaga, 1,5 potong gula aren, 1,5 sendok makan gula pasir, 2,5 lembar daun srigading.
Rebus semua bahan dalam 3 gelas air sampai mendidih. Saring, bagi menjadi 3, minum 3 hari sebelum tanggal haid.
















TAPAK LIMAN
Pereda Hepatitis


Tapak hitam ( Elaphantopus Scaber ) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di lapangan rumput, pemotong. Tanaman ini diketahui mengandung zat kimia alami. Diantaranya epifriedelinen, lupeol, stiqmasterol, triacontanl, lupeol acetate, deoxyelephantopin, isodeoxyelephantopin.

Ramuan untuk Hepatitis
Ambil 120 gr akar segar tapak liman. Tambahkan daging secukupnya. Cuci bersih kedua bahan, lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa sporanya. Saring, minum ramuan ini selagi hangat.



















BUNGA SUSU
Penghancur Kencing Batu


Bunga Susu ( Ertavemoina Divaricata ). Di bunga susu terdapat tabernaementanin, kerenarin, korenandin, dregamin, vobasin. Efek farmakologis beragam, seperti analgesik, antipinetik, anti tokesin, espektoran.

Ramuan untuk Kencing Batu
Ambil 12 gr akar bunga susu. Tambahkan 20 gr daun keji beling segar, dan 20 gr daun kumis kucing segar. Rebus semua bahan dengan 2 gelas besar air hingga tersisa seporanya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum.




















CARA ANTRAKS MENULAR KE MANUSIA


Antraks merupakan sebagian dari keluarga basillus – bacterium dengan bentuk panjang. Bakteri tersebut dapat dibiakkan baik secara aerobik ( dengan oksigen ) ataupun anaerobic ( tanpa oksigen ) dan mempunyai gene serta ciri-ciri menyerupai Bacillus cereus, sejenis bakteri yang biasa didapati di dalam tanah seluruh dunia.
Antraks merupakan bakteri yang pertama dibuktikan sebagai puncak penyakit dan dapat membentuk spora yang tahan lama.

Proses Penularan Antraks
Hari Aktivitas Tanda-tanda

1

1 – 6

6 – 8

8
Spora memasuki badan

Spora menjangkiti sistem limpa

Spora membentuk bakteri

Bakteri membiak meningkat produksi toksin

Tidak ada

Selesma, tekak kering

Kembali sehat untuk beberapa jam
Sesak nafas secara tiba-tiba










OPEN YOUR MIND
Let’s Talk About Aids !!!!


Oral seks terhadp perempuan dengan menggunakan kondom atau lapisan plastik.

Resiko Rendah :
Berciuman sambil melumat bibir
( sehingga ada darah yang berpindah )

Oral Seks
Hubungan seks lewat anus dengan menggunakan kondom


Resiko Tinggi :
Ada berjuta-juta kasus infeksi yang dilaporkan terjadi melalui perilaku ini :


Hubungan Seks Lewat Vagina Tanpa Menggunakan Kondom


Hubungan Seks Lewat Anus Tanpa Menggunakan Kondom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar